Over

120,000

Worldwide

Saturday - Sunday 08.00 - 17.00

Mon - Fri 8.00 - 18.00

Call us +6281 1154 3738

Bekerja Sama dengan Indonesia Baik, KOMINFO dan Siber Kreasi; Pesantren Jagat ‘Arsy Anti Hoax

One Day Workshop Gerakan Literasi Siber Media dengan tema “Bersama Membangun Ketahanan Nasional Republik Indonesia Melalui Dunia Siber”, yang diselenggarakan atas inisiasi Pesantren Peradaban Dunia Jagat ‘Arsy serta didukung penuh oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Workshop yang diadakan selama sehari full ini diselenggarakan secara bertahap selama empat sesi. Sesi I dan II, dari mulai pagi sampai siang. Dari siang sampai sore, dilanjutkan dengan Sesi III dan IV. Pembicara pada Sesi I adalah Donny B. U. (Tenaga Ahli Menkominfo) dengan fokus bahasan “Pengantar Literasi Digital”. Pada Sesi II dilanjutkan oleh Matahari Timur (Pegiat Internet Sehat Indonesia dari ICT Watch) yang membahas tentang “Konten Kebencian dan Hoax”. Workshop yang diadakan selama 90×2 (Sesi I dan II) ini mendapat perhatian dan sambutan yang sangat positif dari peserta workshop. Antusiasme ini terlihat dari tingkat keterlibatan peserta yang interaktif dengan kedua narasumber.

IndonesiaBaik.id (@indonesiabaik.id) memaparkan tentang bagaimana menyusun strategi komunikasi visual yang diminati publik. Hal ini penting mengingat dinamika dan tantangan membuat konten visual yang bermuatan positif di internet sangat penting, utamanya untuk mengimbangi konten visual yang bermuatan hoax, negatif. Widi Wihartono (ahli videogram) dan Septian Agam (ahli infografis) dari IndonesiaBaik.id (Kemenkominfo), dengan lugas membocorkan pengetahuannya yang mendalam tentang bagaimana caranya membuat konten visual positif yang enak dilihat dan mudah dipahami informasinya kepada lebih dari seratusan peserta One Day Workshop Gerakan Literasi Siber Media dengan tema “Bersama Membangun Ketahanan Nasional Republik Indonesia Melalui Dunia Siber”, di Aula Bahrul Hayat, pada Jumat (9/3), yang digelar oleh Pesantren Peradaban Dunia Jagat ‘Arsy bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Pemaparan tersebut disampaikan oleh kedua narasumber pada workshop Sesi III dan IV dengan topik “Strategi Komunikasi Visual dan Viral”, yang kemudian dilanjutkan pada praktik pembuatan konten digital, baik berupa videogram maupun infografis. Masing-masing lima videogram dan infografis menarik yang dibuat peserta workshop dapat “kado” spesial dari IndonesiaBaik.id. Mereka adalah @sewa_kereta_bandung @heblyfauzannaufal @1238luvkridasajaya @zenny_elmustaf @gongbagus (videogram) dan @ajipangestu27 @heblyfauzannaufal @roisuldluffy @zenny_elmustaf @gongbagus (infografis). Videogram dan infografis terbaik dapat ditelusuri di Instagram dengan hastag #pesantrenjagatarsy dan #indonesiabaik.

Sebagai informasi, kegiatan One Day Workshop ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kegiatan kunjungan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara—Chief RA—untuk meresmikan Pesantren Peradaban Dunia Jagat ‘Arsy sebagai “Pesantren Milenial” pada Sabtu (10/3), di Aula Shidrotul Muntaha, Kampus Pesantren Peradaban Dunia Jagat ‘Arsy, Serpong, Tangerang Selatan.

Leave a Reply


Latest Posts