Peserta Kemah Sekolah Hijau Adiwiyata: “Terima Kasih Jagat ‘Arsy”

Kesan dan pesan selama mengikuti Kemah Sekolah Hijau di Pesantren Peradaban Dunia Jagat ‘Arsy ternyata sangat menyenangkan, dan itu diakui langsung oleh peserta, misalnya Indigo, peserta asal SMP Negeri 21 Kota Tangerang Selatan yang menyatakan bahwa dia sangat senang kemah di sini (di Pesantren Peradaban Dunia Jagat ‘Arsy). “Kemah di sini seru,” aku Rizky, peserta asal SMP Negeri 11 Kota Tangerang Selatan. Sementara itu, Widi, peserta asal SMP Ehipassico BSD, mengatakan bahwa dengan ia mengikuti Kemah Sekolah Hijau ini, dirinya menjadi tahu tentang cara mengelola sampah dengan baik. Pada akhir acara, tidak luput seluruh peserta Kemah Sekolah Hijau mengucapkan terima kasih, terkhusus kepada Pesantren Peradaban Dunia Jagat ‘Arsy. Sebagai informasi saja, Kemah Sekolah Hijau diadakan di Pesantren Peradaban Dunia Jagat ‘Arsy pada 28 – 29 April 2018, yang diikuti oleh beberapa sekolah tingkat menengah pertama yang berada di wilayah Kota Tangerang Selatan.

Untuk diketahui, Pesantren Peradaban Dunia Jagat ‘Arsy adalah salah satu lembaga pendidikan Islam yang sudah berdiri sejak 2013, yang didirikan oleh Abah Jagat (KH Budi Rahman Hakim, PhD., MSW) dan membawahi dua lembaga pendidikan formal, yaitu SMP dan SMA. Pada 2017 berpartisipasi menjadi sekolah ramah lingkungan atau Adiwiyata Tingkat Kota Tangerang Selatan, dan diharapkan pada 2018 bisa masuk ke Tingkat Nasional.

Pesantren Peradaban Dunia Jagat ‘Arsy merupakan Boarding School yang beralamat di Komplek Nusaloka BSD, Sektor 14-6, Yapen Raya Jl. PAM No. 21 Rt 002/003, Rawa Mekar Jaya, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia, 15310. Mengajar dengan hati untuk sampai ke hati merupakan moto mendidik yang senantiasa Abah tekankan pada setiap tenaga pendidik dan guru Pesantren Peradaban Dunia Jagat ‘Arsy. Melahirkan sumber daya manusia, masa depan yang religious, saintis, berjiwa entrepreneur, berwawasan international dan cinta lingkungan.merupakan visi dari Pesantren Peradaban Dunia Jagat ‘Arsy. Pesantren Peradaban Dunia Jagat ‘Arsy juga mengemban misi (1) Menciptakan suasana pendidikan kepesantrenan yang sejuk dan membebaskan dengan memberikan ruang kreativitas, kritisisme, entrepreneurship, dan berwawasan internasional. (2) Mengimplementasi kurikulum integral antara muatan peneguhan moral spiritual, tradisi keilmuan Islam klasik, dan kompetensi dasar-dasar saintis-modern-internasional melalui sistem asrama (boarding) melalui penerapan mangemen pendidikan sistemik, terencana dan terkontrol. (3) Menjalankan sistem pendidikan praktis bagi peresapan keimanan, ketakwaan, dan akhlaqul karimah dengan penanaman semangat riset, etos, intelektual dan inovasi teknologi.

Tantangan kehidupan di masa-masa yang akan datang semakin komplek dan bervariabel. Kemajuan teknologi dan semakin terbukanya lalu lintas komunikasi antar bangsa di berbagai penjuru dunia telah menyumbang varian baru persoalan kemasyarakatan.

Oleh karena itu perlu ada sistem rekayasa social (social engineering) yang mampu menyiapkan sumber daya manusia yang jiwa dan raganya siap menjawab semua tantangan diatas. Untuk itu maka perlu dirancang suatu pola pendidikan terpadu sejak dini yang berjenjang dan berkesinambungan.

Yakni sebuah sistem pendidikan yang berwawasan global  berorientasi lokal, yang menekankan pentingnya harmoni keimanan dan ketakwaan (imtaq) dengan keilmuan dan tehnologi (iptek) pada ruang dan waktu yang bersamaan. Pesantren Peradaban Dunia Jagat ‘Arsy atau Jagat ‘Arsy World Civilization Boarding school hadir dalam konteks memenuhi panggilan zaman tersebut.

Comments

comments

Leave a Reply