Over

120,000

Worldwide

Saturday - Sunday 08.00 - 17.00

Mon - Fri 8.00 - 18.00

Call us +6281 1154 3738

Perpusling Berkunjung ke Jagat ‘Arsy

Dalam rangka meningkatkan budaya gemar membaca di masyarakat terutama kalangan pelajar di wilayah Kota Tangerang Selatan (Tangsel), jajaran Dinas Perpustakaan dan Arsip daerah (DPAD) setempat gencar melakukan pelayanan perpustakaan keliling (Perpusling). Sebuah progam pelayanan perpustakaan kepada masyarakat Tangsel, sekolah-sekolah baik negeri maupun swasta, dan tempat-tempat umum lainnya.

Kepala DPAD Kota Tangerang Selatan, Dadang Raharja, menjelaskan bahwa Perpusda Tangerang Selatan yang dipimpinya terus menggiatkan program Perpusling. “Dengan mobil keliling yang telah kami siapkan, kami masuk ke tengah-tengah masyarakat mulai dari lingkungan warga di pelosok kampung, perbatasan wilayah, pusat keramaian seperti mall dan lainnya hingga masuk ke sekolah-sekolah”.

Program pelayanan Perpusling dilakukan setiap saat bahkan mendatangi sejumlah lapangan olahraga atau sarana berkumpul warga di pelosok perbatasan di kelurahan hingga tingkat RW termasuk pelataran parkir pusat perbelanjaan atau mall, puskesmas hingga sekolah.

Pada Kamis, 5 oktober 2017, Perpusling, berkesempatan berkunjung ke Sekolah SMP-SMA Jagat Arsy, Nusa Loka BSD. Adapun kunjungan ini merupakan respon dari permintaan kunjungan yang dilayangkan Mr. Abduh selaku kepala perpustakaan Pesantren Jagat ‘Arsy beberapa hari sebelumnya. “Benar-benar cepat dan tanggap pelayannya”, ungkap Mr. Abduh. Surat yang dikirim kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) melalui Kepala Seksi Pelayanan Perpustakaan di DPAD, Ibu Deasy Fadila K, langsung mendapat respon positif dan langsung mengirimkan tiga (3) mobil perpustakaan keliling nya, 2 mobil tipe kancil yang banyak memuat buku-buku bacaan siswa dan 1 mobil tipe Hilux, yang merupakan mobil hibah dari Perpustakaan Nasional RI pusat, yang lebih memuat buku-buku umum.

Ket. Foto: Anshafa Shaka Wibowo, Santri Kelas 9, tidak mau ketinggalan ikut membaca di Perpusling.

Bapak Deni, selaku bagian penjadwalan perpusling, mengatakan bahwa timnya akan melakukan kunjungan-kunjungan berikutnya ke Jagat Arsy, menyesuaikan jadwal sekolah. Beliau sangat mengapresiasi permintaan kunjungan ke sekolah swasta. Pada kesempatan hari itu, beberapa siswa SMP dan SMA Jagat Arsy asyik membaca buku dan ada juga yang sambil menonton tampilan video melalui layar LED yang sudah terpasang di setiap mobil perpusling.

Progam ini diharapkan akan lebih menumbuhkan semangat gemar membaca anak-anak dan lebih mengapresiasi perpustakaan sebagai salah satu sumber bahan bacaan mereka. Tidak lain ini adalah usaha kita, untuk lebih meningkatkan gerakan literasi sekolah yang sudah dicanangkan pemerintah

Penulis: Fahmi Hayatudin

Leave a Reply


Latest Posts