Over

120,000

Worldwide

Saturday - Sunday CLOSED

Mon - Fri 8.00 - 18.00

Call us

 

Duha, Rutinitas Pagi Setiap Hari

Salat Duha memiliki manfaat yang luar biasa. Satu di antaranya adalah sebagai magnet rezeki. Selayaknya magnet yang menarik besi-besi di sekitarnya, maka dengan Salat Duha yang rutin, rezeki yang jauh-jauh itu menjadi mendekat dan melekat jadi milik kita. Hal ini mengisyaratkan bahwa anak soleh itu investasi yang luar biasa dan menjadi jalan lancarnya rezeki yang diterima oleh orang tua. Karena pada hakikatnya, orang tualah yang mencari rezeki untuk anak-anaknya bisa sekolah. Namun begitu, konteks rezeki juga tidak hanya dalam bentuk harta. Rezeki bagi para santri bisa dalam bentuk ilmu. Ya, ilmu inilah rezeki yang luar biasa hebat. Karena dengan ilmu, semua bisa didapat. Hal ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW, bahwa barang siapa yang ingin dunia maka dengan ilmu, siapa yang menginginkan akhirat maka dengan ilmu, ingin dua-duanya maka dengan ilmu.

Dari Abu Dzar, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa beliau telah bersabda: “Di setiap pagi, ada kewajiban sedekah atas setiap persendian dari salah seorang kalian. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, amar makruf nahi mungkar adalah sedekah. Dan dapat memadai untuk semua itu, dua rakaat yang dilakukan pada waktu Duha” (HR. Muslim).
Mengingat begitu banyaknya manfaat yang terkandung dalam salat duha, maka tidak salah jika setiap pagi gemericik air wudu dan riuh ramai masjid Sirrul ‘Arsy menjadi pemandangan tersendiri di kolong Pesantren Jagat ‘Arsy. Seluruh civitas pesantren mulai dari santri smp, santri sma, karyawan serta guru tak mau ketinggalan mendirikan ibadah sunnah ini di setiap paginya. Mereka berbondong-bondong bergiliran antre untuk berwudu dan masuk masjid menjalankan ibadah yang setara dengan 360 sedekah dalam satu hari itu.

Leave a Reply