Over

120,000

Worldwide

Saturday - Sunday 08.00 - 17.00

Mon - Fri 8.00 - 18.00

Call us +6281 1154 3738

STUDENT ADMISSION

PENDAFTARAN

Prosedur Pendaftaran Santri Baru

  1. Melakukan pendaftaran
  2. Mengikuti Tes potensi akademik dan interview
  3. Mengakses/menerima pengumuman tes potensi akademik
  4. Melakukan daftar ulang
    • Menyerahkan dokumen daftar ulang
    • Membayar uang pangkal

Berkas pendaftaran

  1. Dokumen persyaratan pendaftaran sebagai berikut :
    • lembar pas photo warna terbaru ukuran 4 x 6
    • lembar copy akte lahir calon santri
    • lembar copy raport dari sekolah asal :
      • Kelas 4, 5, 6 untuk calon santri SMP
      • Kelas 7, 8, 9 untuk calon santri SMA
    • 1 lembar copy KTP kedua orang tua
    • 1 lembar copy Kartu Keluarga
    • Hasil nilai UN SD/SMP atau yang sederajat
    • Ijazah SD/SMP atau yang sederajat
    • NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)
  2. New Student Book
    • Hanya dapat digunakan oleh calon santri yang nama dan fotonya tercantum dalam buku
    • Buku harap dibawa pada saat mengikuti tes dan daftar ulang
  3. Menyerahkan dokumen kesehatan santri yang meliputi
    • Dari Dokter
      • Pemeriksaan fisik dari dokter
    • Pemeriksaan Laboratorium
      • H2TL
      • SGOT
      • SGPT
      • Ro Thorax
      • Urine Lengkap
      • Narkoba (Canabis, ganja, morphin

TES MASUK

Tes Seleksi Masuk

Semua calon santri mengikuti prosedur seleksi masuk sebagai berikut:

  1. Seleksi administrasi yaitu seleksi kelengkapan dokumen pendaftaran
  2. Seleksi potensi akademik, yaitu tes akademik dan Islamic Studies yang terdiri dari:
    • Tes Tulis: Islamic Studies (PAI), IPA, English dan matematika dan menulis Arab
      • Materi kelas 4, 5, 6 untuk calon santri SMP
      • Materi kelas 7, 8, 9 untuk calon santri SMA
    • Tes Lisan: membaca Al-Qur`an dan interview santri
  3. Interview orang tua/wali calon santri

Waktu Pelaksanaan Tes Masuk

Pelaksanaan tes masuk terbagi dalam dua jalur, yaitu tes mandiri dan tes bersama dengan gambaran sebagai berikut:

Tes Bersama Tes Mandiri
  • Tanggal pelaksanaan tes ditentukan oleh pesantren
  • Terdapat ketentuan jumlah minimal peserta
  • Tanggal pelaksanaan tes ditentukan oleh calon santri dan akan dikonfirmasi oleh pihak pesantren
  • Tidak ada ketentuan minimal jumlah peserta

Ketentuan  Pelaksanaan

  1. Calon santri membawa New Student Book pada saat mengikuti pelaksanaan tes masuk
  2. Pesantren berhak untuk tidak mempersilakan calon santri mengikuti Tes Masuk dan mengeluarkannya dari ruang tes, apabila mereka tidak mengikuti Tata Tertib Dalam kasus ini tes akan dibatalkan dan biaya pendaftaran tidak dikembalikan
  3. Calon santri yang mencontek pada saat tes masuk akan dibatalkan tes masuknya
  4. Calon santri menggunakan pakaian rapi dan berjilbab bagi putri
  5. Kebijakan kriteria lulus/tidak lulus tes adalah wewenang pihak pesantren
  6. Calon santri membawa alat tulis sendiri
  7. Calon santri dipertimbangkan untuk diterima, jika mereka lulus standar kriteria tes sampai tahap wawancara, memenuhi semua persyaratan akademik dan administratif.

INFORMASI/PENGUMUMAN HASIL TES MASUK

  1. Hasil tes masuk diumumkan paling lambat 14 hari setelah pelaksanaan tes dan interview
  2. Pengumuman hasil tes disampaikan melalui telepon orang tua/wali calon santri dan bisa diakses melalui web site pesantren jagatarsy.sch.id
  3. Jika pada pengumuman hasil tes calon santri :
    1. Dinyatakan LULUS maka calon santri terkait wajib melakukan daftar ulang paling lambat 14 hari setelah pengumuman. Jika calon santri tidak melakukan daftar ulang sampai batas waktu yang ditentukan tanpa konfirmasi, maka calon santri dianggap mengundurkan diri
    2. Dinyatakan masuk dalam DAFTAR TUNGGU/WAITING LIST, maka calon santri menunggu informasi

DAFTAR ULANG

Prosedur Daftar Ulang

Daftar ulang adalah langkah akhir dari proses pendaftaran santri. Pada proses daftar ulang santri mengikuti prosedur sebagai berikut:

  1. Orang tua calon santri menandatangani surat Pernyataan Pemenuhan Biaya Sekolah diatas materai 6.000
  2. Orang tua calon santri menandatangani surat Pernyataan Umum diatas materai 6.000
  3. Melakukan pembayaran uang pangkal
  4. Menyerahkan berkas pendaftaran yang belum lengkap
Latest Posts