PROGRAM

PROGRAM UNGGULAN

  1. Bimbingan Riyadhoh

Bimbingan riyadhoh dilaksanakan setiap hari melalui kegiatan sholat wajib berjamaah, shalat tahajud, sholat dhuha, puasa sunnah senin-kamis dan pelaksanaan dzikir jahr setiap selesai sholat berjamaah.

  1. Pengajaran Al-Qur`an dan Kitab Kuning

Pengajaran Al-Qur`an dan kitab kuning dilaksanakan pada jadwal yang telah ditetapkan (yaitu pada mata pelajaran kepesantrenan) diasuh oleh ustadz/ustadzah yang memang kompeten dalam mengajarkan Al-Qur`an dan kitab kuning dengan metode yang inovatif hasil dari rancangan guru JAIB dan memanfaatkan teknologi multimedia.

  1. Pengajaran penggunaan Bahasa Arab dan Inggris

Pembelajaran bahasa Arab dan Inggris, selain mengambil pada waktu jam pembelajaran reguler sesuai jadwal yang telah ditetapkan juga dilaksanakan melalui berbagai kegiatan tambahan, klub percakapan, parade pidato, pembacaan dongeng, membuat sinopsis buku dan latihan menulis. Kegiatan ini dilakukan dengan pemanfaatan teknologi multimedia.

  1. Pengembangan Bakat Siswa

Pengembangan bakat siswa  dilakukan melalui kegiatan ektrakurikuler. Pihak sekolah secara reguler memfasilitasi momen ekspresi siswa, seperti lomba, panggung seni olahraga dan semacamnya.

  1. Live in Out Bound

Kegiatan live in (hidup bersama komunitas) dilakukan secara reguler, dan dilaksanakan oleh siswa untuk seluruh jenjang, dengan modifikasi kegiatan sesuai taraf tumbuh kembang kognitif dan psikologis siswa. Sebagai variasi menu dalam penumbuhan kemandirian dan pengasahan rasa kepedulian sosial.

  1. Pengembangan Ketrampilan Vokasional

Pada jenjang SMP, pengembangan keterampilan vokasional dilakukan melalui pengembangan keterampilan individual yang akan menjadi bekal kemandirian siswa di masa depan, (speed reading, cooking, membaca dan menulis arab, dll). Pada jenjang SMA  pengembangan keterampilan vokasional dilakukan melalui pelatihan keterampilan.

  1. Studium General

Sebagai sarana untuk memperkaya khazanah pengalaman siswa, merekatkan siswa dengan orang tuanya sendiri atau sesama orang tua siswa, sekaligus untuk memanfaatkan ilmu pengetahuan dan keahlian yang dimiliki oleh orang tua siswa, diselenggarakan kegiatan talkshow yang menghadirkan orang tua sebagai pembicara.

  1. Field Trip

Untuk membantu para siswa mengenal daerahnya sekaligus memahami dinamika pembangunan daerah,  dilaksanakan pembelajaran pembangunan melalui kegiatan riset individu/kelompok berbentuk observasi, wawancara, studi literatur, dan wisata pendidikan dalam bentuk kunjungan kepada tempat tertentu yang mencerminkan salah satu dinamika pembangunan daerah, dengan didampingi oleh pemandu profesional.

  1. Studi Luar Negeri

Pelaksanaan ibadah umroh untuk meningkatkan untuk kesadaran beragama siswa, juga mengunjungi negara lainnya. Sebagai ajang bagi siswa untuk mengimplementasikan kemampuan akademik dan bahasa, serta menambah wawasan internasional sekalligus pengenalan budaya Indonesia keluar.

  1. Love our earth

Setiap siswa akan mendapatkan kepercayaan untuk menanam satu pohon, bunga, buah maupun tanaman lain yang disukainya. Selain untuk penghijauan dengan program ini pada waktu yang sama ketelatenan, ketekunan dan kepedulian siswa akan terlatih.

Contact Us
1
Close chat
Hello! Thanks for visiting us. Please press Start button to chat with our support :)

Start