Over

120,000

Worldwide

Saturday - Sunday 08.00 - 17.00

Mon - Fri 8.00 - 18.00

Call us +6281 1154 3738

Ini dia Tips Lulus UNBK

Selasa, 2 April 2019, adalah hari kedua pelaksanaan UNBK SMA di seluruh Indonesia, termasuk di Pesantren Jagat ‘Arsy. Meskipun ini adalah hajatan rutin tahunan sekolah dan sudah tidak lagi menjadi satu-satunya penentu kelulusan pada sekolah menengah atas, tetap saja perasaan was, deg-degan dan tidak tenang itu ada dan terasa.

Dan ketidak tenangan ini akhirnya menjalar menjadi pengalaman dan rasa bersama. Karena tidak hanya dirasakan oleh sekolah, sebagai penyelenggara, namun juga siswa sebagai peserta ujian dan juga orang tua sebagai tim suporting yang tiada terhingga kontribusinya.

Kajian apakah UN menjadi penting atau tidak, telah dilakukan oleh para pihak yang berwenang, dalam hal ini adalah departemen pendidikan dan kebudayaan. Satu hal yang harus digaris bawahi, bahwa apapun itu namanya, akan selalu ada alat, untuk mengukur keberhasilan pendidikan secara nasional, apakah itu melalui tes terstandar seperti UN, ataukah menggunakan metode penilaian yang lainnya.

Sebagai tim lapangan yang paling dekat dengan subyek ujian, dalam hal ini siswa, orang tua dan sekolah, sudah selayaknya bergandeng tangan, bergotong royong bekerjasama untuk menyelenggarakan ujian yang tenang dan membahgiakan. Bukan sebaliknya, ikut-ikutan stress bahkan lebih dari para siswa yang sedang ujian.

Sekolah dan orang tua, memang memiliki peran yang tidak bisa dianggap sebelah mata, namun faktor pribadi siswa menjadi penentu yang utama.

Beberapa tips sederhana berikut dengan sangat mudah dapat dilakukan oleh siswa untuk tetap bisa menjalani ujian dengan tenang dan bahagia. Dan lebih dahsyat lagi, tips ini in sya Alloh efektif tidak hanya untuk ujian di sekolahan tetapi juga ujian kehidupan.

Do’a terbaik untuk anak kita, siswa kita, santri kita, tumbuh dan berkembang menjadi generasi agama dan negara serta peradaban dunia yang soleh, sehat, sukses dan kaya raya. Amiin.

-Ms. Umam-

Leave a Reply


Latest Posts