Over

120,000

Worldwide

Saturday - Sunday CLOSED

Mon - Fri 8.00 - 18.00

Call us

 

Ekskul Tek-Tek

Yaps, setiap siang, bakda Zuhur, kegiatan para santri Jagat ‘Arsy diarahkan pada kegiatan ekskul, salah satunya adalah tek-tek.

Apa itu tek-tek? Bagi sebagian kita mungkin ini asing, tapi bagi sebagian yang lain, salah satu kesenian asli Indonesia ini pastilah familier. Mengapa? Karena tek-tek merupakan satu di antara keanekaragaman budaya Indonesia yang berasal dari Banyumas.

Secara harfiah, tek-tek adalah kata lain dari “kentongan”. Kentongan sendiri tidak jauh berbeda dengan calung, karena sama-sama terbuat dari bambu.

Pada zaman dulu, kentongan atau tek-tek sering digunakan sebagai alat penanda suatu peristiwa, misalnya untuk suatu kecelakaan atau bencana alam. Bahkan, dipakai juga oleh masyarakat pedesaan sebagai alat ronda malam, sebagai penanda adanya maling, atau sarana warga desa untuk selalu waspada terhadap peristiwa apa pun yang terjadi di lingkungan desa.

Kini, tek-tek menjelma menjadi suatu kesenian musik yang bercita rasa lokal-tradisional, banyak diperlombakan, dapat dimainkan oleh sekelompok laki-laki atau perempuan, atau gabungan dari keduanya. Tek-tek dapat dikombinasikan dengan alat musik lain seperti bedug, calung, kecrek, tepak, dan angklung, juga alat musik lainnya yang relevan.

Cerita oleh @aangar

#tektek #keseniantektek #ekskultektek #musik #music #videoofthedays #pesantren #love #like #follow #pesantrenperadabanduniajagatarsy #boardingschool #sekolah6tahun #santri #santriindonesia #bahagia #lestari #lestaribudaya #budayaindonesia #tradisional

Leave a Reply