Over

120,000

Worldwide

Saturday - Sunday CLOSED

Mon - Fri 8.00 - 18.00

Call us

 

Ziarah Walisongo 2017

Pesantren Peradaban Dunia Jagat ‘Arsy memiliki program unggulan bagi para santrinya, yaitu program Ziarah Walisongo. Untuk Tahun Pelajaran 2017/2018, program ini dilaksanakan pada semester I, tepatnya pada tanggal 22 – 31 Agustus 2017. Hari pertama, (22/8) kami singgah di Makam Sunan Gunung Jati (Syarif Hidayatullah), dilanjutkan ke Makam Syekh Tolhah, Cirebon.

Ziarah Walisongo ini dilakukan sebagai bagian dari Safari Religi yang bermanfaat (1) untuk mengingatkan kita akan kematian sehingga kita berlomba-lomba berbuat kebaikan guna bekal di akhirat kelak, dan (2) sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk berziarah kubur. Terlebih, mereka yang meninggal di jalan Allah, seperti yang diterangkan Allah SWT dalam Alquran bahwa “Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah itu mati, bahkan mereka itu hidup di sisi Tuhannya dengan mendapat rezeki” QS Ali Imran : 169. Itu artinya para Waliyullah itu hidup adanya, sehingga patut bagi kita untuk mengunjungi mereka, bersilaturahim, dan mendoakan mereka.

Pada tanggal 23 Agustus 2017, menjadi hari kedua safari religi yang cukup menguras keringat, namun semua lelah letih ini terbayar sudah kala satu per satu makam waliyullah itu kami tapaki, dan dapat memetik hikmah dari apa yang sudah mereka perjuangkan. Tanpa para waliullah itu, muskil bagi kita saat ini mengenal Islam, oleh karena itu patut bagi kita berterima kasih, karena kini kita dapat mereguk manisnya agama yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW ini.

Comments

comments

Leave a Reply